Pages

Selasa, 22 Oktober 2013

Cara Belajar yang Efektif



Tulisan ini ngebahas tentang gimana sih cara yang efektif dalam proses belajar, khususnya buat para pelajar yang banyak menemukan masalah dalam proses belajar, dan menganggap belajar itu adalah beban dan membosankan, contohnya kayak gw gini nih hehe. 



Mulai dari sekarang kayaknya kita harus mengubah pola pikir kita yang keliru itu, contohnya kita mikir gini nih ,kita belajar karena kita suka atau kita belajar karena kita tau itu penting buat masa depan kita nanti! kan sesorang yang berilmu itu akan mendapatkan suatu penghargaan , ciyeeeeeee haha



Sekarang kita mulai membahas gimana cara belajar yang efektif dan efisien, dan semoga tulisan ini dapat merubah kita menjadi lebih baik  #motivasidirisendiri



Pertama kita harus membuat kelompok belajar


Metode ini munggkin akan efektif karena suasana belajar berkelompok cukup santai, daripada kita belajar dikelas  :D dan akibatnya otak menjadi lebih rileks dalam menerima ilmu yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum kita ketahui akan lebih mudah di selesaikan, soalnya kita nggak sungkan nanya sesuatu ketemen sepermainan kita sendiri. (ini belum gw lakuin)



Kedua buat intisari dari setiap pelajaran



Buat ringkasan dari setiap pelajaran yang kita dapet baik dari guru disekolahan, di tempat les, maupun pas kita belajar kelompok. Ini mungkin akan ngebuat kita mudah mengingat dan memahami setiap pelajaran yang udah kita dapet. Dan ini akan menjadi kata kunci yang nantinya sangat berguna pada waktu kita mengulang pelajaran selama menghadapi mas aujian. (kadang-kadang gw ngelakuin ini)



Ketiga aktif dalam hal bertanya



Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua, biar kita nggak tersesat dijalan. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalahs ecukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. (kadang-kadang juga gw lakuin)


Keempat mengembangkan materi yang sudah di pelajari


Kali ini kita nyoba buat berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet.(ini belum gw lakuin)



Semoga tulisan ini ngebuat kita berubah menjadi lebih baik, dan bias ngubah cara belajar kita.



Sukses Ujian Nasional. Sukses SNMPTN. Sukses Dunia Akhirat :D


1 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, kunjungi juga dong www.biologi.uma.ac.id dan www.uma.ac.id

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Blogger news

Blogroll

About